BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Seiring
dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi pada negara Indonesia yang tidak dapat kita hindari, kemajuan teknologi
berjalan seiringan dengan ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi juga tidak dapat
dipisahkan dari kalangan pelajar atau remaja untuk dapat mengakses sebuah
informasi secara cepat untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang
baru. Layanan akses internet juga telah memfasilitasi para remaja untuk mendapatkan
suatu informasi baik ilmu pengetahuan maupun informasi yang cenderung dilarang atau tidak pantas untuk dilihat.
Kemajuan teknologi juga banyak merubah nilai-nilai yang ada
dimasyarakat, kemajuan teknologi seperti televisi, internet, telepon genggam yang
bukan hanya dapat dinikmati oleh remaja kota pada saat ini, remaja pelosok desa pun
sekarang dapat menikmati kemajuan teknologi tersebut. dan
perkembangan teknologi juga perlahan-lahan mengubah pola hidup dan pola pikir
remaja zaman sekarang.
1.2 Rumusan
Masalah
1.2.1 Apa yang dimaksud dengan
teknologi dan remaja?
1.2.2 Bagaimana perkembangan
teknologi dikalangan remaja ?
1.2.3 Apakah dampak positif dari
perkembangan teknologi dikalangan remaja?
1.2.4 Apakah dampak negatif dari perkembangan
teknologi dikalangan remaja?
1.3 Tujuan
& Manfaat Penulisan
1.3.1 Untuk memberikan informasi dan pengertian teknologi.
1.3.2 Untuk mengetahui bagaimana perkembangan
teknologi dikalangan remaja.
1.3.3 Untuk
mengetahui mengenai dampak positif dan negatif dari teknologi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Teknologi dan Remaja
Menurut Prayitno dalam Ilyas (2001), Teknologi adalah seluruh perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu maupun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu perilaku produk, informasi dan praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian warga masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.
Sedangkan Remaja
sendiri berasal dari kata latin adolesence yang berarti tumbuh atau tumbuh
menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang
mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja
sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan
anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh
Calon (dalam Monks, dkk 1990) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat
transisi atau peralihan karena remaja belum
memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak.
2.2 Perkembangan
Teknologi Dikalangan Remaja
Seiring
berkembangnya teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
masyarakat terutama para remaja. Cepatnya akses informasi dari berbagai belahan
dunia membuat dunia seolah-olah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat
apa yang sedang terjadi. Masyarakat Indonesia khususnya di kota-kota besar
seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya telah banyak mengalami perkembangan dari
hal teknologi. Mulai dari teknologi komunikasi, internet maupun sosial media.
Contohnya saja penggunaan smartphone dikalangan remaja mulai dari pelajar
seklah dasar maupun mahasiswa yang semakin mudah dijumpai pada kalangan remaja
masa kini
Penggunaan teknologi dengan fitur canggih yang memadai menjadi sulit untuk
dipisahkan dengan kehidupan para remaja. Pembaharuan dan penyempurnaan gadget
yang semakin hari semakin mutakhir membuatnya semakin digemari. Contohnya
yang sedang tren saat ini yang sedang menajmur dikalangan para remaja adalah
Blackberry Messenger(BBM). BBM menjadi alat komunikasi pengganti SMS maupun
telepon pada masa kini dengan fitur yang canggih didalamnya yang dapat mengirim
pesan, suara, gambar, maupun file lagu membuat aplikasi ini digilai oleh
kalangan remaja.
Tidak hanya itu dengan perkembangan komunikasi yang semakin canggih, para
remaja berbondong-bondong menggunakan gadget maupun ponsel untuk mengakses
internet secara cepat. Perkembangan internet dan informasi yang dapat diakses
diinternet membuat para remaja mudah mencari informasi yang mereka inginkan,
bahkan dapat membantu mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Karena dasarnya
manusia khususnya para remaja meupun pelajar menyukai hal yang instan serba
praktis dan cepat.
Berbagai Sosial media pun ikut andil dalam perkembangan teknologi pada masa
kini. Di Indonesia tercatat ribuan pengguna facebook dan twitter adalah para
remaja diindonesia. Bukan hanya fitur yang ditawarkan namun percakapan dan
berbagi informasi dengan teman menjadi alasan utama mengapa sosial media ini
sangat digemari dikalangan remaja. Dari media sosial tersebut mereka dapat
menemukan teman baru maupun teman lama yang sudah lama tidak bertemu
dapat menggunakan sosial media tersebut untuk berbagi informasi atau hanya
sekedar bercerita. Selain media sosial, banyak juga aplikasi messenger yang
ditawarkan seperti line, what’s app, kakao talk, we chat dan masih banyak lagi.
Para remaja tersebut pun mempunyai ketertarikan tersendiri akan hal-hal yang
baru, mereka langsung berbondong-bondong membuat akun diaplikasi tersebut.
Dengan berbincang-bincang melalui media sosial ataupun messenger mempunyai
keseruan tersendiri. Disamping itu remaja mempunyai uang saku yang terbatas,
jika haru mengobrol dicafe, bertemu langsung atau hanya sekedar menelpon
berjam-jam membuat mereka harus mengeluarkan uang lebih untuk hal tersebut.
Dengan menggunakan sosial media ataupun messenger tersebut mereka akan lebih hemat
dalam hal waktu dan uang mereka.
2.3 Dampak
Positif Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja
Ditinjau dari dampak positif perkembangan tekologi mempunyai banyak
dampak positif yang dapat dirasakan oleh kalangan remaja maupun pelajar yaitu :
1. Berbekal
internet, pelajar dapat mengetahui banyak hal hanya dengan mengetikkan kata
kunci yang dicari dan berbekal dengan internet para remaja ataupun remaja lebih
mudah untuk mendapatkan informasi untuk membantu mereka menyelesaikan
pekerjaan rumah ataupun tugas kuliah.
2. Dari segi
biaya pun cenderung lebih murah sebab hanya berbekal ribuan rupiah, pelajar
ataupun remaja dapat memperoleh berbagai informasi dalam waktu yang relative
singkat
3. Dari segi
komunikasi, kita dapat menjalin komunikasi kembali dengan teman baru ataupun
teman lama. Dengan media sosial ataupun messenger dapat menghubungkan pelajar
dengan banyak orang dibelahan bumi manapun dan dapat menjalin komunikasi secara
intens dan akrab
4. Dengan
media sosial komunikasi menjadi tidak terputus meski tehalang jarak yang jauh
terpisah antara lautan, pengunungan, dan daratan. Hubungan pertemanan,
persaudaraan, dan percintaan akan dapat terbina. Menghubungkan atau
mempertemukan kembali sebuah ikatan yang terputus baik persaudaraan maupun pertemanan.
5. Dari segi
pendidikan, terlebih metode pembelajaran melalui internet yang kini telah
dikembangkan menjadi e-learning yang dinilai cukup efektif dalam mengatasi
dalam berbagai persoalan pembelajaran didalam kelas yang tidak berjalan dengan
baik
2.4 Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja
Disamping dampak positif
yang ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang
akan ditimbulkan oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain ;
1.
Siswa menjadi malas
belajar
Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa
dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan
internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang
banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya
mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Frienster
dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh erhadap minat belajar
siswa
2.
Terjadinya pelanggaran Asusila.
Sering kita dengar di berita-berita, dimana terjadi pelaku
pelanggaran asusila dilakukan oleh seorang pelajar terhadap pelajar lainnya,
seperti terjadinya tawuran antar pelajar, terjadi priseks, pemerkosaan siswi
dan lain-lain.
3.
Munculnya media massa.
Khususnya media elektronik sebagai sumber
ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar. Dengan munculnya media
massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya
berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang
sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS, main Facebook,
chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan
untuk bermain,sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia. Akhirnya semuanya
itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar siswa dan bahkan
terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.
4.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang
baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga
membuat siswa menjadi malas.
Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam
proses pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi
malas dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk
membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup
mencari bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga
siswa menjadi malas berusaha dan belajar.
5.
Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan
semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang
adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari
penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang
semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah
ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan
terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering
meresahkan pemerintah dan masyarakat.
6.
Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak
criminal.
Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk mendapatkan perubahan
yang bersifat positif, namun pada akhirnya sering kali tujuan itu diselewengkan
dengan berbagai alasan.
Contohnya ; seorang Heker dengan kemampuannya melakukan
penerobosan system sebuah kantor atau perusahaan, mereka dapat melakukan
perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank atau kekantor-kantor,
cukup dengan melakukan pembobolan system keuangan atau informasi
penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit untuk dilacak pelakunya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses
pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar ataupun jalan
yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan identitasnya, maka remaja
akan kehilangan arah. Tetapi kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan
adalah hal yang tidak dapat dihindari, teknologi juga mempengaruhi gaya hidup
dan pola pikir masyarakat, tertutama dikalangan remaja.
Banyak dampak positif yaitu kita dapat membagi informasi secara mudah, berbagai
apapun jadi lebih mudah dalam segi biaya maupun waktu, dari segi komunikasi
kita dapat berteman dengan siapapun dari belahan bumi manapun, dari segi
pendidikan.
Banyak pula dampak negative dari perkembangan teknologi
dikalangan remaja yaitu terhadap kesehatan. Dengan memiliki smartphone
ataupun berkomunikasi dengan internet memang menyenangkan tak hanya menghibur
tetapi juga bermanfaat bagi peggunanya, tetapi juga menyimpan sejumlah efek
yang buruk untuk kesehatan. Kriminalitas sangat marak diera perkembangan
teknologi ini.
3.2 Saran
Dimasa remaja yang masih dalam pencarian jati
diri ini kita dapat lebih arif dan bijaksana dalam memfilter informasi mana
yang baik dan mana yang buruk terhadap kita, saat remaja tersebut mulai asik
dengan smartphone nya ajaklah mereka keluar atau hanya sekedar jalan-jalan agar
mereka kembali berkomunikasi dengan lingkungan sekitar mereka.
Selanjutnya, para remaja juga harus sering mendapat bimbingan dari para orang
tua. Biasanya para orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka, para orang
tua melengkapi fasilitas gadget , laptop dan lain sebagainya tanpa memikirkan
bagaimana dampak negatifnya. Tetapi semua itu juga tergantung pada diri remaja
tersebut, jadilah remaja yang bijak yang menerima perkembangan teknologi dan
dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk pada diri masing – masing.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar