Kamis, 13 Agustus 2015

Jurnal Ilmiah SISTEM ABSENSI SIAKAD BERBASIS WEB







nama : rofiqotul jannah
nim : 1113101005
Abstraksi
Absensi merupakan suatu hal yang penting pada proses belajar dalam kelas, dimana keaktifan dan ke ikut sertaan mahasiswa pada suatu mata kuliah berpengaruh terhadap nilai mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa tersebut. Penilaian yang dilakukan oleh dosen ditentukan pula oleh absensi mahasiswa tersebut.
Akan tetapi, dengan penggunaan absensi yang dilakukan secara manual, atau pengisian pada kertas, seringkali disalahgunakan dengan pemalsuan absensi oleh mahasiswa yang bersangkutan, penitipan absensi oleh mahasiswa lain, atau absensi bisa rusak atau hilang karena suatu hal. Sehingga data yang didapat tidak valid dengan kenyataan secara langsung.
Kata kunci : Absensi, Dosen, Mahasiswa.
1.   Pendahuluan
Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan diatas, maka dibutuhkan suatu metode absensi yang dilakukan dengan komputerisasi, dengan login mata kuliah dengan menggunakan NIDN dosen yang bersangkutan, dan absensi yang dilakukan secara langsung oleh mahasiswa. Sehingga penyalahgunaan absensi yang dilakukan oleh mahasiswa dapat diminimalisir, dan data yang tersimpan dalam database dapat dibuka oleh dosen yang bersangkutan untuk memudahkan penilaian.

2.  Tinjauan Pustaka
Bisnis Proses
Bisnis proses adalah suatu gambaran yang menjelaskan bagaimana alur sebuah proses itu berjalan dari awal proses hingga akhir proses itu selesai.

USE CASE

Menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Hanya menetapkan apa yang seharusnya dikerjakan oleh sistem, yaitu kebutuhan fungsional sistem dan tidak untuk menentukan kebutuhan non-fungsional, misalnya: sasaran kinerja, bahasa pemrograman dan lain sebagainya. (Haviludin, Jurnal Informatika Mulawarman). Menggambarkan kebutuhan system dari sudut pandang user. Memfokuskan pada proses komputerisasi (automated processes).

CLASS DIAGRAM

Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (atribut/properti) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (umdis/fungsi). Class merupakan implementasi dari sebuah interface, yaitu class abstrak yang hanya memiliki umdis. Interface tidak dapat langsung diinstansiasikan, tetapi harus diimplementasikan dahulu menjadi sebuah class. Dengan demikian interface mendukung resolusi umdis pada saat um-time.

ACTIVITY DIAGRAM

Activity Diagram memberikan gambaran visual dari aliran kegiatan, baik dalam sistem, bisnis, alur kerja, atau proses lainnya. Diagram ini difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan, serta siapa (atau apa) yang bertanggung jawab atas kinerja kegiatan tersebut. Menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses. Dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktifitas proses bisnis. Struktur diagram ini mirip flowchart atau Data Flow Diagram pada perancangan terstruktur. Activity diagram dibuat berdasarkan sebuah atau beberapa use case pada use case diagram. Sangat berguna untuk menggambarkan proses ‘Paralel’.
DESIGN GUI

GUI atau Graphics User Interface adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu adalah gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.



   3.  Analisa
Business Process:

Use Case:





Berikut merupakan class diagram dari absensi dosen dan mahasiswa:





Activity Diagram:
Dosen:
           







Mahasiswa:
           
                                               
         
4.  Perancangan
Berikut ini merupakan desain GUI pada aplikasi Absensi online dosen dan mahasiswa yang telah dibuat. Terdapat lima desain yang difungsikan untuk login dosen, pengisian absensi dosen, pengecekan absensi mahasiswa, login mahasiswa, dan pengisian absensi mahasiswa.
Login Absensi Dosen
Pengisian Absensi Dosen
Pengecekan Absensi Mahasiswa




Login Absensi Mahasiswa

Pengisian Absensi Mahasiswa






5.  PENUTUP
-     Kesimpulan
Dengan adanya sistem absensi SIAKAD berbasis web ini, data mahasiswa menjadi lebih valid karena pendataan yang dilakukan secara Online dan data hanya dapat dimasukkan sekali saja sehingga mahasiswa tidak dapat melakukan manipulasi data.

-     Saran
Aplikasi sistem absensi SIAKAD berbasis web sangat dianjurkan penggunaannya karena dapat membuat sistem absensi siakad yang semula tingkat kevalidan datanya rendah akan menjadi semakin tinggi dan mahasiswa juga menjadi lebih disiplin karena data absensi yang tidak dapat dimanipulasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar