Kamis, 13 Agustus 2015

PENTINGNYA KOMBINASI HARDWARE & SOFTWARE (Luqman Habibullah - 1114101218)

PENTINGNYA KOMBINASI HARDWARE & SOFTWARE
OLEH :
LUQMAN HABIBULLAH
1114101218



ABSTRACT
Technological developments can improve performance and enable a variety of activities can be implemented quickly, precisely and accurately so that ultimately will improve productivity. Technological developments indicate emerging from various types of activities, such as gaming, video editing, photo editing, and others, all of which require hardware and software.
Keywords : Hardware & Software;Development; 



PENDAHULUAN
       I.            LATAR BELAKANG

Pada era perkembangan teknologi yang semakin maju ini, penggunaan komputer sangat marak digunakan. Dengan perkembangan komputer yang semakin pesat ini, kita perlu tau tentang komponen-komponen yang terdapat dalam komputer, dengan demikian kita dapat mengetahui tentang keadaan ataupun kondisi komputer, serta kita dapat mengetahui bagaimana cara merawat komputer dengan benar.

Selain itu perangkat keras ( Hardware ) dan perangkat lunak ( Software ) telah benar-benar berubah , di awal perkembangannya Hardware & Software hanya mampu menjalankan beberapa tugas saja , kini telah bisa menjalankan banyak tugas ( Multitasking ) dengan sangat baik .

Perangkat Keras adalah bagian - bagian dari material komputer. Komponen – komponen ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi . Sedangkan Perangkat Lunak adalah kebalikan dari Perangkat Keras yakni bagian - bagian yang non material dari komputer. Seperti : BIOS, Sistem operasi dan program-program. Perangkat Lunak akan diinstalasikan ke dalam komputer melalui 'Keyboard" dan "Mouse".

   II.            RUMUSAN MASALAH

a.     Apa definisi dari HARDWARE & SOFTWARE?
b.     Apa bagian dari perangkat tersebut ?
c.      Mengapa kombinasi HARDWARE & SOFTWARE sangat penting ?

III.            TUJUAN PENULIS

a.     Kita dapat mengetahui definisi dan fungsinya.
b.     Kita dapat mengetahui bagian – bagian dari perangkat tersebut.
c.      Kita dapat mengetahui mengapa sebenarnya perangkat lunak dan keras pada komputer sangat penting.

PEMBAHASAN

A.    HARDWARE & SOFTWARE

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.


Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. Input Divice ( Unit Masukan )
2. Process Device ( Unit Pemrosesan )
3. Output Device ( Unit Keluaran )
4. Backing Storage ( Unit Penyimpanan )
5. Periferal ( Unit Tambahan )

Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu :

Ø Perangkat keras: Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
Ø Perangkat keras: Memori ROM dan RAM
Ø Perangkat keras: Input/Output

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :

1. Mengidentifikasi Program
2. Meenyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesian

B.    BAGIAN-BAGIAN HARDWARE & SOFTWARE

a.     HARDWARE

1. Central Processing Unit / Processor
Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.


2. Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
Ø Tercepat : Chace Memory dan Main Memory
Ø Terlambat : Sekunder Memory

b.    SOFTWARE

1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2. Program Aplikasi (Application Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

C.    KOMBINASI HARDWARE & SOFTWARE SANGAT PENTING 

Kombinasi antara hardware dan software sangatlah diperlukan . Untuk keperluan masing-masing pengguna komputer itu sendiri . Setiap pembelian komputer sudah terpasang hardware & software bawaan pabrik . Namun apabila konsumen tidak puas dengan apa yang dibawakan , biasanya mereka akan membelikan hardware baru untuk menjalankan software yang sangat berat . Misalnya dalam bermain game , mengedit video / foto yang membutuhkan spesifikasi yang super high , pengguna akan membeli hardware baru yang dibutuhkan.

Dan apabila software yang dijalankan sangat berat dengan hardware yang sangat rendah spesifikasi , maka komputer tersebut akan lagging , cepat panas , bahkan sampai blank . Untuk itu hardware & software standart pabrik dimasa kini sudah bermacam-macam pilihan , dan akan terus berkembang .

PENUTUP

 IV.            KESIMPULAN

·        Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

·        Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.

    V.            KRITIK & SARAN

     Setelah di peroleh kesimpulan sebagaimana di sebutkan diatas untuk selanjutnya di ajukan beberapa saran.
Saran-saran ini hendaknya di jadikan sebagai masukan untuk kemajuan pengetahuan penulis dan pembacanya.




DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar